Minggu, 06 November 2016

KUMPULAN MAKANAN KHAS CIREBON YANG PALING POPULER

  1. Sate Kalong
Wisata kuliner cirebon yang pertama ini adalah sebuah makanan khas dari Cirebon, yang walaupun namanya adalah sate kalong akan tetapi bahan dasar dari sate kalong ini bukanlah daging kelelawar akan tetapi bahan dasar dari sate kalong ini adalah daging kerbau.
Kuliner di cirebon sate kalong ini di jajakan pada waktu mulai magrib sampai dengan tengah malam. Sekedar informasi saja, untuk rasa dari sate kalong ini terdiri dari rasa asin dan rasa manis.
  1. Teh Poci
Tentu saja anda sudah tidak asing bukan dengan minuman khas Cirebon yang satu ini? Teh Poci mulai naik kasta setelah ada lagu yang membahas tentang teh poci ini. Seperti rasa dari teh yang lainnya, rasa dari teh Poci ini juga hampir sama dengan teh yang lainnya.
Teh hijau melati biasanya sebagai bahan dasar dari teh poci ini dan minuman ini merupakan minuman khas Kota Cirebon.3. Kerupuk Melarat
Untuk wisata kuliner di cirebon yang ke tiga ini adalah makanan yang di namakan dengan nama kerupuk melarat yang berarti kerupuk miskin. Biasanya wisata kuliner di cirebon yang satu ini di kemas dalam plastik dan di tali menggunakan tali rafia.
Beragam warna yang bisa anda dapatkan pada kerupuk melarat ini, seperti misalkan saja warna kuning, putih, hijau dan merah muda. Biasanya wisata kuliner di cirebon kerupk melarat ini di sajikan dengan sambal yang rasanya asam.
  1. Mie Koclok
Jika di lihat dari namanya mi koclok ini, sangat berbeda dengan kebanyakan mie yang beredar di pasaran. Mie koclok adalah sajian khas cirebon yang di dalam makanan tersebut ada mie kuning yang di mixing dengan kol, daging ayam, telor dan taoge.
Mie Koclok ini biasanya di sajikan dengan menggunakan kuah santan yang khas. Terlebih lagi wisata kuliner di cirebon mie koclok ini di sajikan pada saat masih hangat atau panas.
  1. Docang
Wisata kuliner kota cirebon yang ke lima ini adalah makanan yang tentunya adalah makanan khas yang ada di Kota Cirebon. makanan yang satu ini adalah makanan yang terdiri dari daun singkong, lontong, kerupuk, taoge dan tempe gembos.
Tentu saja wisata kuliner kota cirebon yang satu ini harus di berikan parutan kelapa muda di atasnya. Biasanya kuliner di cirebon Docang ini di sajikan pada pagi hari atau lebih tepatnya sebagai makanan untuk sarapan.
  1. Bubur Sop
Wisata kuliner cirebon yang berikutnya akan kita bahas adalah bubur sop yang tentunya bubur ini hampir sama dengan bubur yang kebanyakan kita temui. Dengan berisikan tauco, daun bawang, kol, ayam suwir dan juga kerupuk membuat wisata kuliner di cirebon ini tampak lebih gurih.
Wisata kuliner kota cirebon yang satu ini juga sering di sebut oleh kebanyakan orang merupakan makanakan kombinasi antara sayur sop dan juga bubur ayam. Pada malam hari biasanya bubur sop ini di jual.
  1. Tahu Gejrot
Anda tentunya sudah sering mendengar bukan tentang makanan atau wisata kuliner kota cirebon yang bernama Tahu Gejrot ini? Karena di televisi makanan yang satu ini sangat sering di ekspos.
Makanan khas Cirebon yang satu ini adalah tahu yang di potong-potong kemudian di beri bumbu dengan berbahan dasar bawang merah, cabai, gula merah, bawang putih kemudian di haluskan sampai tercampur rata.
  1. Empal Gentong
Wisata kuliner di cirebon yang wajib anda coba selanjutnya adalah makanan yang bernama empal Gentong. Sebenarnya makanan empal gentong ini adalah gulai daging sapi yang saat proses pemasakan di masukkan kedalam gentong.
Rasa dari empal gentong ini adalah legit dan juga memberikan sensasi rasa daging yang lembut dengan kuah mirip dengan soto, maka rasa yang di hasilkan akan sangat lezat. Biasaya sebagai variasinya anda bisa memilih toppingnya seperti kerupuk, sambal kering dan juga kucai.
  1. Nasi Lengko
Wisata kuliner kota cirebon yang kesembilan ini adalah makanan yang sangat populer dan cukup terkenal di Kota Cirebon. Jika anda berkunjung ke Kota Cirebon, maka anda akan sangat mudah mendapatkan orang yang menjual Nasi Lengko ini.
Biasanya kuliner di cirebon nasi lengko ini adalah sebuah makanan khas cirebon yang di kenal sebagai makanan sederhana yang di dalamnya terdapat nasi putih, mentimun, taoge, tempe, tahu dan seledri. Kemudian untuk toppingnya bawang goreng kemudian di siram dengan bumbu kacang yang khas.
  1. Nasi Jamblang
Untuk wisata kuliner kota cirebon yang terakhir akan kita bahas ini adalah sebuah makanan yang berasal dari Jamblang, sebuah daerah yang berada di barat Kota Cirebon. Nasi jamblang atau sega jamblang ini biasanya di sajikan dalam bungkusan daun jati.
Untuk lauk dari wisata kuliner cirebon nasi jamlang ini ada banyak sekali yang bisa anda kombinasikan seperti misalkan saja tahu sayur, sambal goreng, semur, ikan asin, tempe dan tahu.
  1. R.M Haji Moel Seafood
Tempat makan di cirebon yang berikutnya adalah sebuah tempat makan yang di namakan R.M Haji Moel Seafood dengan menu andalan rumah makan ini seperti misalkan saja makanan china dan seafood yang bisa menggoyang lidah anda. Beberapa makanan yang populer di tempat ini adalah seperti udang bakar, kepiting saus padang dan berbagai macam sambal susuai pilihan anda.
Makanan yang di sajikan di rumah makan atau wisata kuliner khas cirebon ini memang mempunyai rasa yang luar biasa, sehingga banyak orang yang menjadi berlangganan di tempat makan ini dan ingin selalu kembali ke tempat ini. Terlebih lagi porsi yang di sajikan untuk makanan seafoodnya bisa di katakan cukup banyak dan tentunya varian makanan yang ada bisa membuat lidah pengunjungnya di manjakan.
  1. Empal Asem Amarta
Makanan yang wajib untuk anda coba bila anda sedang berkunjung ke Kota Cirebon adalah seperti salah satu tempat wisata kuliner yang di namakan Empal Asem Amarta oleh pemiliknya. Menu makanan andalan tempat ini adalah empal asem yang mempunyai kuah bening yang di dalamnya juga terdapat belimbing wuluh, daun bawang, irisan daging dan tomat yang segar membuat rasa dari empal asem ini enak banget.
Terlebih lagi jika anda bersama dengan keluarga saat datang di tempat makan ini, tentunya akan sangat luar biasa suasananya. Tekstur daging yang di sajikan di tempat makan cirebon yang satu ini sangat lembut sehingga kita tidak perlu mengeluarkan usaha yang cukup keras dalam memakan daging tersebut. Selera makan anda akan meningkat saat anda mencium aroma lezat dari empal asem ini.
  1. Mie SP
Salah satu wisata kuliner cirebon yang menjadi rekomendasi dari kami untuk anda adalah tempat makan yang bernama Mie SP. Tempat wisata kuliner yang satu ini adalah sebuah tempat yang tepat sekali bagi orang yang gemar mengkonsumsi makanan pedas karena singkatan dari Mie SP sendiri adalah Mei Spesial Pedas.
Wisata kuliner cirebon Mie SP ini menawarkan makanan pedas dengan tingkatan level sesuai selera para pelanggannya. Berbagai macam variasi yang di mixing ke dalam sajian Mie SP ini seperti sosis, keju, kornet dan lainnya. Jika anda ingin mencoba seberapa kuat anda makan makanan yang pedas, silahkan langsung datang ke Mie SP ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar